Sunday, October 25, 2009

Analisa dari Proposal Diatas

Analisa Perusahaan

Setelah saya menganalisa proposal dari perusahaan CV. BUDI DHARMA KENCANA SEJAHTERA ADIL dan MAKMUR, saya menemukan beberapa hal yang mungkin harus di perbaiki. Pada analisa pertama yang telah saya lakukan, saya akan membahas secara sistematis.

Latar belakang perusahaan.
Setelah saya menganalisa latar belakang perusahaan ini, saya mengambil kesimpulan bahwa perusahaan tersebut berpindah jalur usaha karena usaha penyaluran pembantu yang telah dijalani gagal, dikarenakan makin sepi-nya pembantu-pembantu yang ingin bekerja di kota. Saya berpendapat, perusahaan ini bisa dibilang belum berpengalaman dalam bidang usaha yang barunya, yaitu pengelolaan rental computer. Namun, ada pula kelebihannya, perusahaan tersebut berani mengambil langkah ekstrim dalam perpindahan jalur usaha. Perusahaan berani mengeluarkan modal besar dan menarik investor untuk membangun usaha baru tersebut. Namun seharusnya perusahaan ini sadar akan perbedaan yang cukup signifikan antara usaha penyaluran pembantu dan rental computer tersebut, maka manajemennya-pun pasti akan sangat beda dengan usaha sebelumnya. Mungkin juga keraguan akan terjadi pada investor karena melihat dari latar belakang perusahaan yang bidang usahanya jauh berbeda dengan usaha baru yang akan dijalankan perusahaan tersebut.

Visi dan Misi
Visi dan misi perusahaan ini sudah cukup menarik, terbukti bahwa perusahaan ini mempunyai langkah besar pada rencana jangka panjangnya, dapat kita lihat dari visi perusahaan tersebut. Namun, jika kita amati lagi, visi perusahaan dalam bidang barunya, memang terlihat agak “berangan-angan”, investor mungkin tidak percaya dengan visi perusahaan tersebut, kecuali perusahaan ini sudah mempunyai nama serta reputasi yang baik. Sedangkan perusahaan ini masih sangat baru dalam usaha yang akan digarap. Keraguan atas perusahaan kemungkinan besar akan terjadi. Lalu misi perusahaan ini juga cukup menarik, perusahaan ini terkesan melayani, perusahaan ini menunjukan kalau mereka bergerak di bidang jasa atau pelayanan. Misi dari perusahaan ini akan mendorong investor untuk menanamkan modalnya jika si investor memang tertarik pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Bidang usaha
Bidang usaha yang dijalankan perusahaan ini adalah jasa. Perusahaan ini bergerak dari perusahaan penyalur pembantu ke perusahaan jasa rental computer. Rencana jangka panjang perusahaan ini yang ingin membuka Usaha jasa foto copy (jilid, laminating, dll), Usaha jasa penyewaan internet (warnet), dan Usaha Toko buku sangat berhubungan dengan bidang usaha rental computer, maka akan sangat lebih baik jika usaha-usaha tersebut digabungkan dalam satu lokasi, maka konsumen akan sangat tertarik untuk memakai jasa perusahaan, kita bisa bayangkan jika dalam satu ruko atau toko, terdapat jasa rental computer, warnet, fotocopy (jilid, laminating, dll), serta toko buku didalamnya, akan sangat menarik konsumen, dan juga akan sangat mudah untuk mengelola usaha-usaha tersebut. Manajemennya-pun akan lebih simple. Memang modal yang dibutuhkan cukup besar, namun jika dilihat dari prospek kedepannya, kemungkinan modal akan balik pada kisaran bulan.
Manajemen.
















Menurut analisa saya terhadap struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan ini, adalah model struktur organisasi fungsional. Organisasi fungsional sendiri adalah suatu organisasi di mana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.


Ciri-ciri organisasi fungsional juga terlihat pada struktur perusahaan ini. Ciri-ciri organisasi fungsional adalah sebagai berikut :
1. Organisasi kecil.
2. Didalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli.

3. Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas.

4. Target yang dicapai jelas dan pasti.

5. Pengawasan dilakukan dengan ketat.


Pada perusahaan ini, terlihat jelas bahwa perusahaan ini masih tergolong kecil, dan dalam pengelolaan perusahaan, atasan tidak secara langsung menyerahkan tugas kepada staff pelaksana, tapi tugas atau pesan diserahkan terlebih dahulu kepada asisten manajer, lalu asisten manajer menyampaikan tugas atau pesan kepada staff pelaksana sesuai dengan bidangnya. Jadi misalkan atasan memberikan tugas untuk mengawasi pintu masuk dan pintu keluar, atasan menyerahkan langsung ke asisten, lalu asisten menyerahkan kepada staff keamanan.
Kekurangan yang ada pada organisasi fungsional ini yaitu :
  • Koordinasi sulit dilaksanakan.
  • Pejabat fungsional sulit untuk mengikuti alur prosedur administrasi.
Namun ada juga beberapa kelebihan pada organisasi ini, yaitu :
  • Program terarah, jelas, dan cepat.
  • Anggara, personalia, dan sarana tepat dan sesuai.
  • Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat.
Strategi usaha.
Strategi usaha perusahaan ini bisa dibilang tepat, karena didukung oleh lokasi tempat usaha yang sangat cukup dekat dengan gedung universitas yang baru di bangun. Selain itu ada juga penawaran-penawaran yang menarik konsumen untuk berdatangan. Kita dapat melihat promosi satu soft drink gratis untuk para pelanggan pada hari-hari tertentu. Tetapi menurut saya, kemungkinan ada kerugian jika promosi ini tidak diberi batas waktu, tentu saja manajer harus mengakali untuk menarik pelanggan dengan cara yang berbeda, karena jika tidak, perusahaan akan rugi karena setiap minggu mengeluarkan dana untuk membeli minuman gratis untuk konsumen. Bayangkan saja jika setiap hari ada sekitar 50-70 pelanggan, lalu setiap 3 hari dalam seminggu perusahaan memberikan minuman gratis, lalu dikalikan 4 minggu, maka akan ada kerugian pada perusahaan.

Rencana harga.
Harga yang di tawarkan pada jasa rental ini cukup terjangkau di bandingkan dengan harga-harga pada umumnya. Dan ini termasuk salah satu strategi pasar yang baik, perusahaan berani mengambil keuntungan kecil demi banyaknya pelanggan yang datang. Kemungkinan besar perusahaan ini akan menang bersaing di banding perusahaan jasa rental computer yang berada di sekitar lokasi, selain itu fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan perusahaan ini terbilang sangat mewah dan akan membuat suatu ketertarikan sendiri oleh konsumen. Ditambah dengan beberapa paket yang disediakan oleh perusahaan yang memotong harga sekian persen dalam periode waktu yang telah ditentukan. Memang strategi harga seperti ini sudah umum, kita sering menjumpai pada setiap warnet. Tetapi sekarang kita melihat daftar paket harga pada rental computer yang biasa digunakan untuk pengetikan, dll.

Anggaran usaha.
Anggaran usaha pada perusahaan jasa rental computer ini terbilang cukup besar. Total anggaran yaitu sejumlah Rp 232.451.000. Anggaran tersebut digunakan untuk membeli segala perlengkapan usaha. Mungkin investor akan ragu untuk menyumbangkan modalnya sebesar ini, tapi jika dilihat dari daftar anggarannya memang sudah sesuai, namun alangkah baiknya jika perusahaan lebih menekan anggaran belanja-nya lagi, karena investor akan ragu, bahkan mungkin tidak akan menyumbangkan dananya, karena dilihat dari latar belakang perusahaan, dan pengalaman perusahaan yang masih sangat baru dalam usaha bidang jasa rental computer ini, di tambah perusahaan masih belum punya nama. Perusahaan bisa saja untuk memulai langkah usaha dengan bertahap, jadi anggaran di bagi dalam 2 tahap, jadi jumlah anggaran tidak terlalu besar, dan investor akan siap untuk menyumbangak dananya.

Kesimpulan.
Perusahaan ini mencoba untuk memulai usaha di bidang yang sangat berbeda dari usaha sebelumnya. Memang langkah yang diambil perusahaan tersebut sangat besar, visidan misinya-pun bisa dibilang sangat mewah. Pada struktur organisasi perusahaan, manajer harus bisa bersosialisasi dengan para pegawai, agar koordinasi lebih mudah dilaksanakan. Strategi usaha perusahaan sudah cukup baik, target pasar sudah menjamin keuntungan pada perusahaan, ditambah dengan lokasi yang sangat strategis. Rencana penawaran harga pada konsumen mungkin akan lebih baik jika sedikit dinaikan, guna menambah penghasilan untuk perusahaan, dengan rencana harga yang telah dicantumkan pada proposal sebelumnya, harga tersebut masih terlalu murah, perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang relative kecil. Dan anggaran usaha lebih baik agar ditekan, atau mengurangi barang-barang yang akan dibeli, sehingga angka anggaran tidak terlalu besar, dan menarik investor untuk menanamkan modalnya.

Julius Fernando

No comments:

Post a Comment