Friday, October 30, 2009

Komunikasi Dalam Organisasi


KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah interaksi penyampaian informasi, pendapat, saran, dll, antara sesama manusia yang terjadi kapan saja dan dimana saja. Komunikasi tidak hanya dilakukan dengan penyampaian melalui pembicaraan, komunikasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang ada. Komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan alat atau media komunikasi disebut komunikasi tidak langsung. Sedangkan komunikasi yang terjadi secara tatap muka disebut komunikasi langsung. Namun komunikasi tidak selalu berjalan lancar, dalam komunikasi juga ada hambatan-hambatannya. Hambatan-hambatan yang ada dalam proses komunikasi antara lain :

· Hambatan teknis : yaitu hambatan yang terjadi secara teknis, misalnya hambatan pada media komunikasi.

· Hambatan perilaku : yaitu hambatan yang terjadi pada perilaku personalnya sendiri, misalnya orang yang di ajak komunikasi tidak menanggapi komunikasi dari komunikator.

· Hambatan semantic : yaitu hambatan yang terjadi karena istilah bahasa yang digunakan mengandung makna ganda, sehingga dapat menyebabkan kesalah pahaman dalam komunikasi.

Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi dalam suatu organisasi biasanya bersifat formal. Komunikasi formal merupakan pesan yang disebarkan berkaitan dengan pekerjaan resmi di dalam organisasi – komunikasi mengikuti jalur hierarki dalam organisasi. Dalam komunikasi formal terdapat arah-arahnya, yaitu komunikasi dari atas ke bawah dan komunikasi dari bawah ke atas. Komunikasi dari atas ke bawah yaitu komunikasi yang dilakukan oleh atasan kepada bawahannya, sedangkan komunikasi dari bawah ke atas adalah komunikasi yang dilakukan oleh bawahan ke atasannya melalui prosedur yang ada. Dalam proposal perusahaan yang telah dibuat, jalur komunikasinya sesuai dengan struktur organisasinya.

· Pemilik usaha akan menyampaikan informasi kepada bawahannya melalui asistennya, kemudian asisten manajer akan meneruskan informasi tersebut kepada pihak yang bersangkutan. Misalnya, jika manajer ingin menyampaikan informasi kepada staff pelaksana jasa pengetikan maka manajer menyampaikan informasi kepada asisten manajer terlebih dahulu, lalu si asisten manajer akan meneruskan kepada bagian keuangan/kasir, lalu diteruskan lagi ke staff pelaksana jasa pengetikan.

· Bawahan yang akan menyampaikan informasi kepada manajer juga harus melalui asisten manajer terlebih dahulu, sesuai dengan struktur organisasinya. Jika staff service and maintenance ingin menyampaikan informasi kepada manajer, maka ia harus menyampaikan informasi tersebut kepada operator terlebih dahulu, lalu operator akan meneruskan ke asisten manajer, dan asisten manajer akan menyampaikan informasi tersebut kepada manajer.

Gambar struktur organisasi













Komunikasi yang terjadi pada struktur organisasi fungsional ini memang agak sulit, itulah sebabnya salah slah satu kekurangan struktur organisasi ini adalah sulitnya koordinasi. Salah satu faktornya yang menyebabkan koordinasi sulit dilakukan karena arah komunikasi yang cukup panjang. Sedangkan informasi yang akan diterima akan banyak. Maka dari itu manajer harus bisa mengatasi permasalahan tersebut. Selain komunikasi dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas, dalam perusahaan ini juga terdapat komunikasi diagonal ke atas dan ke bawah, lalu komunikasi horizontal.

· Komunikasi diagonal keatas misalnya komunikasi yang terjadi antara service maintenance staff dengan bagian keuangan, atau komunikasi antara staff pelaksana jasa pengetikan dengan operator computer.

· Komunikasi diagonal kebawah misalnya komunikasi yang terjadi antara bagian keuangan dengan staff service and maintenance, atau komunikasi antara operator computer dengan staff pelaksana jasa pengetikan.

Namun terkadang komunikasi tersebut terjadi ketika tidak dalam jam kerja kantor, karena pada umumnya komunikasi yang terjadi saat jam sibuk adalah komunikasi dari bawah ke atas dan komunikasi dari atas ke bawah.

Komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena komunikasi yang baik dan efektif sangat mendukung majunya suatu organisasi. Karena itu komunikasi harus dijaga agar tetap berjalan sesuai yang kita inginkan. Beberapa factor penghambat komunikasi yang tadi telah disebutkan dapat kita jadikan batasan-batasan agar komunikasi yang akan dilakukan tetap berjalan lancar.

****

Tugas Teori Organisasi Umum ( Komunikasi )

Nama : Julius Fernando

Npm : 11108093

Kelas : 2 KA 06

Referensi :

· Catatan Kuliah

· Handout TOU 1

· http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/komunikasi-pada-masyarakat/

· http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab8-proses_komunikasi_dalam_perusahaan.pdf


No comments:

Post a Comment