Friday, June 15, 2012

KRITERIA MANAJER PROJECT YANG BAIK


Project manajer adalah orang yang bertugas untuk merencanakan, mengelola, mengatur, dan mengawasi jalannya proyek yang sedang berjalan agar proyek tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Seorang manajer proyek harus bisa mengatur bawahan-bawahannya agar dapat menyelesaikan proyek yang dikerjakan tepat waktu dan sesuai target dan anggaran yang direncanakan. Manajer proyek memiliki otoritas untuk member peringatan kepada bawahannya jika melakukkan kesalahan sehingga dapat membahayakan proyek atau memperlambat proses pengerjaan proyek yang dikerjakan. Manajer proyek bertanggung jawab atas kelancaran proyek itu sendiri, tanggung jawab kesesuaian proyek, tanggung jawab anggaran proyek, dan lainnya.

Berikut adalah job-description seorang proyek manajer:

·         Menyusun dan mengembangkan perencanaan strategis TI dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
·         Menyesuaikan rencana strategi TI dengan rencana dan strategi dan rencana perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasaran usaha.
·         Menganalisa, mengkaji dampak positif dan negative perkembangan dan tren TI terhadap strategi perusahaan sebagai landasan bagi penetapan dan penyusunan rekomendasi pengembangan TI secara korporat
·         Menyusun rancangan anggaran rumah tangga TI dan mengawasi penggunaan dan realisasinya. Memastikan bahwa asset perusahaan dikelola dengan bertanggungjawab.
·         Membangun dan mengelola hubungan dengan vendor pembelian hardware dan software
·          Mengkoordinir tim TI dalam perencanaan dan pelaksanaan strategi TI.
·         Membangun suatu pendekatan arsitektural aplikasi perusahaan secara korporat dan selalu mengupdate informasi dan pengetahuan tentang perkembangan TI yang mutakhir.
·         Mendorong tim untuk selalu meningkatkan kinerja, skill dan kompetensi melalui training intern maupun ekstern.
·         Melakukan review dan evaluasi pada setiap implementasi proyek TI
·         Memastikan integritas system atau aplikasi korporat yang telah dibangun dan pencapaian target penyelesaian proyek tepat waktu.


sumber : http://www.hrcentro.com/job_deskripsi/JOB_DESCRIPTION_IT_MANAGER_090105.html
              http://blog.uad.ac.id/amri91/2011/12/26/my-job-description-as-project-manager/

No comments:

Post a Comment