Friday, June 15, 2012

MENGAPA SOFTWARE OPEN SOURCE?



Sebelum kita memberi alasan mengapa kita memakai software open source, kita harus memahami terlebih dahulu mengenai definisi open-source, karena masih banyak oknum yang belum mengerti secara jelas (termasuk saya) apa itu sebenarnya open-source. Mari kita tanya sang dukun online Google. Jadi setelah saya mengetikkan kata kunci ‘open-source adalah’ akan banyak sekali informasi tentang open source dari blog milik orang lain. Seperti dalam web http://www.panduaji.net mengatakan bahwa Pada dasarnya open source adalah sebuah SISTEM kerja yang terbuka. Sehingga memungkinkan siapa saja untuk ikut andil di dalamnya sebagai kontributor.   
Dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak open-source itu adalah software yang sengaja dibuat oleh komunitas tertentu dan disebar-luaskan dengan source code yang sengaja terbuka, yang jadi pertanyaan kenapa source code pada software open-source dibuka? Sebenarnya mudah saja menjawab pertanyaan itu. Bgini, OPEN SOURCE = SUMBER TERBUKA, SOURCE CODE = CODE TERBUKA, jadi dari nama jenis software-nya saja sudah bisa dijawab mengapa source-code dibuka. SALAH, itu hanya becanda. Jadi alasan mengapa source code pada open source dibuka (ini serius), adalah untuk kebebasan berkarya para programmer untuk mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik, pada dasarnya open-source sendiri tercipta berdasarkan kebebasan berkarya programmer. Jadi pemakai open source yang mengembangkan software itu akan member kontribusi langsung kepada pembuat software. Perlu diketahui bahwa open-source tidak harus gratis, jadi jika anda sudah cukup jago membuat software dan butuh uang jajan, maka oke-oke aja jika anda memasang bandrol harga pada software open source yang anda buat.
                Sebagai anak komputer, secara moral kita dianjurkan memakai software open source ini. Mengapa? Sudah jelas alasannya, yaitu untuk mengasah skill programming kita sendiri, disini kita dituntut secara tidak langsung untuk member kontribusi pada software open-source ini, dalam bentuk apa kontribusi-nya? Jelas dalam bentuk pengembangan software tersebut menjadi lebih baik, lebih maksimal, lebih efektif, lebih user friendly, dan lebih-lebih yang lainnya. Pengembangan software ini bukan hal yang mudah (kecuali bagi sang expert), kita harus memahami source-code pada software ini, menganalisa alur-nya, dan sebagainya. Logika, pemahaman bahasa programming, dan keterampilan sangat dibutuhkan dalam proses mengembangkan software ini.
                Seperti semua hal yg ada di dunia, semua memiliki kekurangan dan kelebihan, apapun itu. Begitu juga dengan software open source ini, tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berikut kekurangan serta kelebihan open source yang akan saya beberkan dibawah ini.
Kekurangan Open-Source menurut http://www.softholic.net :
·         GUI dari software biasanya kurang memuaskan untuk user yang awam.
·         Terkadang ada beberapa software open source yang tidak bisa menggantikan jenis software berbayar.
·         Software open source biasanya kurang diminati oleh user awam karena biasanya sulit dalam instalasi atau penggunaan.

Kelebihan Open-Source menurut http://www.softholic.net :
·         Software open source yang biasanya dikembangkan oleh komunitas atau institusi non profit juga memiliki kemampuan yang sangat powerfull karena software dikembangkan secara bersama-sama sehingga masalah atau bug pada software cepat teratasi.
·         Fitur dan kemampuan software open source sangat kompleks dan banyak karena bisa dikembangkan oleh siapa saja tanpa terkecuali.
·         Software open source berlisensi GPL sehingga user tidak dikenakan biaya untuk mempergunakannya.

No comments:

Post a Comment