Saturday, April 17, 2010

gini nih aliran data kalo kita mengajukan klaim

sumber data yang kami pakai yaitu pada perusahaan PT. JP yang berlokasi daerah Cilandak, Jakarta Selatan. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa asuransi. Perusahaan ini adalah salah satu dari perusahaan BUMN. Alasan kami memilih PT. JP sebagai bahan survey karena kami kesulitan mendapatkan informasi tentang data dari perusahaan tersebut. Berikut hasil survey yang telah kami lakukan.

Aliran data pengajuan Klaim kendaraan bermotor

Klasifikasi data pada pengajuan klaim
Pada pengajuan klaim terdapat data-data sebagai berikut :
  1. Data keuangan
  2. Data nasabah/client
  3. Data klaim
Data keuangan
merupakan data yang sifatnya data tidak tetap karena data keuangan nilainya berubah-ubah tergantung dari hasil negosiasi dengan bengkel asuransi. Dalam data keuangan terdapat beberapa berkas-berkas yang berbeda yaitu :
  • Surat usulan biaya perbaikan : adalah berkas yang sifatnya work file atau berkas kerja, karena surat usulan tersebut masih belum tuntas sampai melalui proses konfirmasi dari atasan.
  • Kutansi, rincian biaya, faktur pajak : berkas-berkas tersebut adalah berkas transaksi atau transaction files. Karena berkas tersebut muncul karena adanya transaksi antara bengkel dan asuransi. Sifat dari file-file tersebut adalah tetap artinya tidak bisa dirubah atau kita kenal juga sebagai master file. Kuitansi, rincian biaya, dan faktur pajak juga bias dikategorikan sebagai berkas laporan, tergantung dari porsinya. Jika kita menyerahkan berkas-berkas tersebut kepada client, maka file tersebut sifatnya menjadi file laporan.
Data nasabah /client
merupakan data yang diserahkan kepada asuransi untuk menjalani prosedur klaim si client. Data nasabah seperti SIM, STNK, POLIS merupakan data yang tetap, karena jangka waktu perubahan data tersebut tergolong cukup lama. Selain itu perubahan dalam data tersebut tidak bias sembarangan, karena harus melewati prosedur yang cukup ketat.

Data klaim
adalah data yang digunakan dalam proses penyelesaian klaim si client, data tersebut bersifat data tidak tetap, karena setiap klaim baru, berarti data akan berubah. Berikut adalah dokumen-dokumen yang tergolong dalam data klaim :
  • Formulir LK 1 (Blanko Asuransi) : adalah formulir yang akan kita isi sesuai dengan pengaduan yang akan kita ajukan kepada asuransi. Dokumen LK 1 merupakan file history dan work file. Dikategorikan sebagai file history karena file tersebut akan disimpan sebagai dasar pada saat survey dilaksanakan. Dikategorikan sebagai work file, karena file tersebut akan kembali diolah lagi demi lancarnya prosedur penyelesaian klaim.
  • Surat referensi petunjuk bengkel : adalah berkas tentang referensi yang akan di ajukan kepada atasan dari bengkel asuransi. Biasanya berkas ini berisi tentang alternative-alternatif yang di ajukan bengkel kepada asuransi guna menekan biaya pembayaran klaim. File ini bersifat program file, karena file ini berisi tentang intruksi-intruksi serta alternative yang bisa diambil oleh asuransi

THX TO :
Subhan Bangun Wibowo
Awalia Khumaira
Dewi Anggraeni

No comments:

Post a Comment