Saturday, April 17, 2010

Tentang Printer

PRINTER

Pengertian Printer

Printer adalah sebuah hardware untuk menghasilkan output dari sesuatu yang telah kita kerjakan di komputer, khususnya untuk mencetak dokumen atau gambar. Printer dalam bahasa Indonesianya memiliki arti Pencetak. Jadi bisa kita terjemahkan secara singkat bahwa printer adalah alat pencetak yang dihubungkan dengan komputer guna mencetak file tulisan atau gambar yang ada di komputer.

Fungsi Printer

Printer merupakan hardware output yang terhubung dengan computer melalui cable USB (Universal Serial Bus) untuk mencetak berbagai document gambar, tulisan, grafik, bahkan bias juga digunakan untuk mencetak foto atau stiker. Kualitas dari pencetakan di tentukan dari resolusi printer itu sendiri. Resolusi sendiri dapat di definisikan sebagai jumlah titik tinta yang akan tercetak. Resolusi di ukur dengan satuan dpi (dot per inch) atau jumlah titik tinta per inci persegi. Jadi makin besar resolusinya, maka kualitas cetak dari printer akan lebih bagus.

Jenis-jenis Printer

Dari segi teknologi, jenis-jenis printer dapat di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

a) Dot Matrix printer

Yaitu printer yang sering kita lihat di wartel atau mesin kasir toko mini market sekitar kita. Kualitas cetak pada mesin printer dot matrix masih sangat rendah, dikarenakan resolusinya pun rendah. Printer ini juga akan mengeluarkan bunyi yang cukup berisik. Tetapi yang penting printer jenis ini terkenal dengan awet dan harganya yang sangat terjangkau. Cara kerja printer ini yaitu mencetak karakter dengan menekankan pin pada pita tinta. Setiap pin menghasilkan titik, dan kombinasi titik-titik ini membentuk karakter.


b) Ink Jet printer

Printer jenis ini sudah menggunakan tinta pada proses pencetakannya. Pada printer jenis ini kita juga sudah bisa mencetak berbagai warna pada media cetak yang akan digunakan. Kualitas dari hasil cetakan printer ink jet jauh lebih baik dari pada printer dot matrix. Tetapi pada printer ini, cetakannya akan basah, maka kita harus menunggu hingga tintanya kering. Cara kerja printer Ink Jet yaitu dengan memancarkan tinta pada lembaran kertas, maka dari itu kualitasnya bagus.


c) Laser Printer

Laser printer memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh Ink Jet Printer, sehingga membuat printer ini hampir sempurna. Bentuk dari printer laser hampir mirip seperti mesin fotocopy. Printer jenis laser bisa mencetak lebih dari 10 halaman per menitnya, kira-kira cara kerjanya seperti mesin fotocopy. Selain itu, hasil cetakannya pun jauh lebih baik daripada Ink Jet printer. Tetapi printer ini harganya cukup mahal. Cara kerja printer ini sama dengan mesin fotocopy.



Sumber Referensi :

http://www.e-smartschool.com/PNK/002/PNK0020007.asp


2 comments:

  1. http://epsoninktank.pgtb.me/NbgDQt?app_data=entry_id%253D19430653
    ikutan yah
    menangkan hp blackbarry dan hp Samsung Galaxy Tab 2 7.0. serta printer epson l350 klik untuk mendaftar.buka link kemudian like dulu lalu daftar/ masuk dengan facebookmu sampai 30 maret 2013..
    semoga beruntung.. hadiah langsung sampai rumah tanpa biaya tambahan.

    ReplyDelete
  2. ..http://duniainformatikaindonesia.blogspot.com/

    berkunjung ya,, terima kasih :)

    ReplyDelete